Realisasikan ‘Program Kampung Kita”Warga Bugel Bentuk Kampung Jahe

Tangerang, Banten – Lahan fasos fasum yang berada di RW 03 Kelurahan Bugel Kecamatan Karawaci dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai kebun berbagai tanaman diantaranya membudidayakan tanaman jahe merah sebagai tanaman utama.
     
Tokoh masyarakat setempat H.Dirman di Tangerang Snein mengatakan, Kegiatan berkebun di lahan fasos-fasum sejak lama dilakukan oleh warga. 
   
Dimulai dari program  Kampung Hijau, Kelompok Wanita Tani (KWT) hingga saat ini melalui budidaya jahe merah turut mendukung program Kampung Kita.
   
Program Kampung Kita yang disosialisasikan oleh Pemkot Tangerang melalui pembentukan kampung tematik disetiap RW, Warga di RW 03 menyepakati wilayahnya dibentuk Kampung Jahe merah.
   
“Jahe merah dibudidayakan dan menjadi nama kampung tematik karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, Selain itu jahe memiliki nilai ekonomis yang dapat diolah dan dipasarkan melalui berbagai produk kepada masyarakat,” papar dia.
  
Kedepan hasil panen akan diupayakan oleh warga untuk diolah menjadi berbagai produk makanan dan minuman. Dengan demikian Jahe merah yang dibudidayakan dapat menggerakan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat.
   
“Sambil menunggu panen kami mengajukan kepada Dinas terkait agar diadakan pelatihan pengolahan makanan diwilayah kami terutama dengan bahan dasar jahe merah,”kata Ketua LPM Kota Tangerang ini.
   
Menurutnya program Kampung Kita yang dijalankan melalui Kampung Jahe di RW 03 tidak sekedar penghijauan ataupun menanam dan mengolah jahe merah namun menumbuhkan kesadaran bersama dalam mengelola lingkungan serta potensi lokal masyarakat. Selain itu program Kampung Kita sebagai sarana dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat.
   
Walikota Tangerang, Arief R.Wismansyah, mengatakan bahwa Program Kampung Kita akan membangun Kampung Tematik di setiap Rukun Warga (RW) yang tersebar di 13 Kecamatan. Menurutnya, sejumlah OPD akan terlibat dalam upaya menciptakan lingkungan yang indah, bersih, dan asri melalui pemberdayaan kampung-kampung menjadi kampung tematik.
   
“Melalui program Kampung Kita OPD di Pemkot Tangerang membuat suatu program kerja yang dapat mengakomodasi kebutuhan kampung tematik di suatu wilayah,” ujar Arief.(Ant)