Vaksinasi Nasional Covid-19 Dimulai: Presiden Jokowi Terima Suntikan Pertama

Penyuntikkan vaksin Covid-19 pertama yang dilakukan oleh Presiden Jokowi/ dokumentasi: twiter @jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan pertama vaksin virus corona (SARS-CoV-2), Rabu (13/01/21). Penyuntikan vaksin dilakukan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Setelah disuntik, Jokowi mengaku tidak sama sekali merasakan sakit.

Sebelum Jokowi melakukan penyuntikan, Jokowi tampak berkonsultasi mengenai kondisi kesehatannya secara umum. Tim dokter kepresidenan juga menunjukkan kotak vaksin bertulis sinovac sebelum menyuntikkan vaksin ke Jokowi.

“Saya ditanya: pernah terkonfirmasi positif Covid-19. pernah batuk atau pilek, mengindap penyakit jantung atau penyakit lainnya seperti ginjal? semua saya jawab tidak. Pukul 9.42 WIB, saya memulai ikhtiar besar untuk terbebas dari pendemi dengan menerima vaksin Covid-19”, ujar presiden Jokowi di akun twiternya.

Selanjutnya setelah Jokowi, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju turut diberikan suntikan vaksin Covid-19. Tetapi Wakil Presiden Ma,ruf Amin tidak ikut disuntik vaksin, disebabkan karena faktor usia.

Dalam proses vaksinasi, terdapat empat proses yang dilakukan Jokowi dan peserta vaksin lainnya. Pertama adalah proses pendaftaran untuk verifikasi data. Kedua, proses pemeriksaan sederhana seperti tekanan darah dan sedikit edukasi perihal vaksin COVID.

Kemudian tahap ketiga inilah proses penyuntikan vaksin COVID. Pada proses penyuntikkan ini, Jokowi tampak menggulung lengan mejanya untuk disuntik oleh Wakil Ketua Dokter Kepresidenan, Prof Dr Abdul Mutalhib.

Proses penyuntikan selesai, Jokowi pun tampak diberi plester untuk menutup bekas suntikannya. Selanjutnya adalah proses keempat yaitu Jokowi diberikan edukasi agar menunggu 30 menit setelah penyuntikan untuk antisipasi dan monitoring ada atau tidaknya kejadian pascavaksin.

“Vaksin Covid-19 inilah yang lama kita tunggu, dan baru disuntikkan setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat, dan majelis ulama Indonesia menyatakan suci dan halal untuk digunakan. saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya dimulai hari ini berjalan dengan lancar”, ujar Jokowi. [dey]