Fotoistimewa.Instagram@ansor_satu

Presiden Joko Widodo pada Selasa (22/12/2020) mengumumkan reshuffle Kabinet Indonesia Maju Jilid II. Salah satu menteri yang ditunjuk Jokowi adalah H. Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. Gus Yaqut ditunjuk menjadi Menteri Agama Republik Indonesia menggantikan posisi Fachrul Razi.

“Yang keempat adalah Bapak Yaqut Cholil Qaumas. Dia adalah tokoh muslim, ketua PP GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” ucap Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara pada Selasa (22/12).

Selain menjadi Ketua PP GP Ansor, Gus Yaqut saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Wakil Ketua Komisi II DPR.

Sebelumnya, Jokowi juga mengumumkan beberapa menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju jilid II. Ada enam menteri yang disebutkan. Pertama, Tri Rismaharini, Walikota Surabaya, yang ditunjuk sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Barubara.

Kedua, Sandiaga Salahudin Uno yang pernah menjadi Wakil Gubernur Jakarta, diberi amanah menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Ketiga, Budi Gunadi Sadikin yang pernah menjadi Wakil Menteri BUMN, saat ini diberi tanggung jawab sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Selanjutnya, Sakti Wahyu Trenggono yang pernah menjadi Wakil Menteri Pertahanan, saat ini diminta menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan  menggantikan Edhy Prabowo. Terakhir, Muhammad Lutfi yang diberi tanggung jawab sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. [dk]