PMII Cabang Ciputat Kembali Menggelar Dapur Bergerak Jilid II

Kegiatan dapur bergerak/ Doc. WartaDaerahBanten

Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ciputat, kembali menyelenggarakan Dapur Bergerak Jilid II pada Selasa 13 April 2021. Gerakan filantropi yang diinisiasi oleh kader-kader muda PMII Cabang Ciputat tersebut, berdiri sejak bulan Ramadan tahun 2020. Kemudian kembali bergerak dengan membagikan gerobak gratis kepada masyarakat yang terdampak covid-19 serta makanan siap saji untuk disalurkan ke masyarakat sekitar pada Selasa 20 April 2021.

“Usaha binaan Dapur Bergerak PMII Ciputat merupakan upaya kontinuitas, visioner, progressif pemuda untuk membantu memulihkan ekonomi keumatan dengan memberikan beberapa bantuan gratis kepada warga yang terdampak covid-19 dan memberikan pendampingan usaha agar ekonomi penerima meningkat,” ucap Ketua Cabang PMII Ciputat, Ramadhan.

Ia menambahkan, bahwa filosofi ‘Dapur Bergerak’ ini memiliki makna yang berkaitan dengan kalimat ‘Dapur’ sebagai tempat kebutuhan pokok manusia. Sedangkan, kalimat ‘Bergerak’ sebagai sifat kontinuitas, visioner dan progressif.

Ramadhan menegaskan, gerakan filantropi yang berjudul ‘Dapur Bergerak’ didirikan dengan tujuan yang dikaitkan dengan wujud nilai-nilai kemanusiaan yang diajarkan dalam PMII agar dapat membantu, menolong, saling menguatkan sesama manusia, terutama bersama masyarakat yang terdampak covid-19 dan sangat membutuhkan.

Perkembangan Dapur Bergerak sampai saat ini, masih berjalan dengan lancar untuk menghidupkan dan membantu ekonomi masyarakat yang terdampak covid-19 dan gerakan tersebut akan di tutup pada malam takbiran dengan membagikan sembako.

“Alhamdulillah saat ini, kegiatan yang kami laksanakan ini sudah kembali membagikan 4.200 box makanan siap saji untuk berbuka dan sahur, serta membagikan gerobak gratis untuk pemulihan ekonomi umat dan akan ditutup pada malam takbiran dengan membagikan beberapa sembako kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan,” tegas Ramadhan.

Selain itu ia juga memaparkan bahwa ‘Dapur Bergerak’ ini memiliki 5 titik tempat penyaluran bantuan yang tidak jauh dari sekitaran Ciputat Timur, yaitu ada Yayasan Daarul Madinah, yang terletak di daerah Pamulang. Kemudian, Flyover Ciputat, yang terletak disekitaran pasar Ciputat. Selain itu, Terminal Lebak Bulus, yang terletak di daerah Pondok Pinang. Kampung Pemulung Ciputat yang berada di daerah Pondok Ranji. Lalu, yang terakhir ada di daerah komplek UIN yang terletak di daerah Pisangan.

Sebagai biro pembawa perubahan, dan senantiasa memberikan kepedulian serta membantu masyarakat sekitar dan menjadi jembatan penghubung sebagai pendengar keluh kesah yang selama ini dialami oleh masyarakat akibat faktor dari dampaknya covid-19. PMII ingin selalu hadir dengan inovasi barunya untuk masyarakat.

“Harapan saya ke depan kegiatan ini terus hadir dengan inovasi barunya, serta lebih luas manfaatnya kepada masyarakat yang lebih membutuhkan supaya ekonominya dapat pulih,” ujarnya.

Untuk mendukung gerakan sosial ini, PMII Cabang Ciputat pun juga membuka donasi dengan menerima berbagai jenis bantuan dari para penyumbang yang dermawan. Bantuan bisa diterima dalam bentuk bahan pokok kehidupan ataupun uang yang bisa ditransfer melalui rekening Bank BRI: 0994-01-028996-53-7 atas nama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia. [Azizah Suryani/dey]