Hadiah HUT RI: Indonesia Raih Mendali Olimpiade Tokyo

Atlit Indonesia dalam cabang olahraga Badminto/ Doc. Instagram presiden Joko widodo

Banten.wartadaerah.com – Lima belas hari menuju HUT Dirgahayu RI ke-76 tahun, Atlet indonesia sedang berjuang membawakan hadiah mendali diajang Olimpiade Tokyo 2020.

Olimpiade Tokyo ini merupakan pesta olahraga terbesar didunia. jadwal pelaksanaan Olimpiade Tokyo seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020.

Tetapi harus tertunda karena pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Dan akhirnya olimpiade tokyo dibuka pada hari Jum’at (23/07/2021) pekan lalu, dengan mengikuti protokol kesehatan.

Hari bahagia terasa saat Greysia Polli dan Apriyani Rahayu memenangkan mendali emas cabang olahraga bulu tangkis ganda putri Olimpiade Tokyo di Lapangan 1 Mushasino Forest Sport plaza.

Kemenangan ini juga mengubah posisi Indonesia pada klasemen mendali Olimpiade Tokyo 2020. Karena kemenangan ini merupakan mendali emas pertama yang dimenangkan oleh atlet Indonesia.

“Kemenangan ini menjadi kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia, dua pekan lagi. Selamat dan terima kasih Gresia/Apriyani” kata Joko Widodo dalam unggahan akun media instagram resmi presiden RI.

Ungkapan dari Joko Widodo ini merupakan ungkapan perwakilan dari seluruh rakyat Indonesia, yang merasa bangga kepada atlet yang berjuang di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Selain, Greysia Polli dan Apriyani Rahayu memenangkan mendali emas cabang olahraga bulu tangkis ganda putri. Indonesia pun mendapatkan hadiah dari cabang olahraga tunggal putra bulu tangkis Olimpiade Tokyo yaitu Anthony Sinisuka Ginting.

Meskipun tidak mendapatkan mendali emas,  tetapi Anthony Ginting dengan perunggunya dapat memberikan kebanggan kepada seluruh rakyat Indonesia.

Eko Yuli Irawan pun ikut andil dalam memberikan mendali untuk Indonesia. Pada cabang olaharaga angkat besi nomor 61 kg Putra. Melalui angkatan 137 kg di snatch dan 165 kg di clean and jerk dengan total 302 kg.

Eko Yuli berhasil mempersembahkan mendali perak di Olimpiade Tokyo. Tak berhenti di Eko Yuli, Windy Cantika Aisah juga mendapat mendali perunggu di cabang olahraga angkat besi putri .

Mendali yang dimenangkan oleh Windy Cantika Aisah ini merupakan mendali pertama yang di dapatkan Indonesia pada ajang Olimpiade Tokyo 2020. Windy Aisah berhasil membukukan total angkatan snatch 84 kg serta upaya clean jerk seberat 110 kg.

Catatan tersebut lebih unggul ketimbang total angkatan 181 kg yang di bukukan lifter asal Taiwan, Fang Wan-Lin, di posisi keempat.

Lagi-lagi cabang obor angkat besi mendapat mendali perunggu oleh Rahmat Erwin Abdullah di nomor 73 kg cabang obor angkat besi Olimpiade Tokyo 2020.

Hingga saat ini  atlet Indonesia meraih  total 5 mendali. 1 mendali diperoleh dari cabang olahraga  bulu tangkis ganda putri, 1 mendali diperoleh dari cabang olahraga bulu tangkis tunggal putra, dan 3 mendali diperoleh dari cabang olahraga angkat besi.

Terima kasih kepada para atlit yang sudah berjuang di Olimpiade Tokyo 2020. Perjuangan dan mendali ini menjadi hadiah kebanggaan untuk Indonesia.

Penulis : Fitria Amalia

Editor : Dedy