KPU Lebak Ajak Pemilih Pemula Tidak Golput

Lebak, Banten – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak mengajak pemilih pemula menggunakan hak suara pada pemilihan umum (pemilu) yang dilaksanakan 17 Juni 2019.

“Kita minta pemilih pemula itu tidak golput (golongan putih),” kata Encep Supriatna, Komisioner KPU Kabupaten Lebak, Jumat.

Pemilih pemula berhak menggunakan hak suara pada Pemilu dengan benar sesuai perundang-undangan.

Sebab, mereka juga memiliki tanggung jawab tentang kebijakan lima tahun ke depan.

Ia meminta para pemilih pemula tidak golput karena perbuatan golput tidak memiliki tanggung jawab.

Karena itu,ihaknya terus mengoptimalkan sosialisasi kepada pemilih pemula di sekolah-sekolah dan kampus perguruan tinggi agar mereka menggunakan hak pilih Pemilu 2019.

KPU Kabupaten Lebak menargetkan partisipasi suara secara nasional  78 persen.

Saat ini, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak  941.789 jiwa dan di antaranya pemilih pemula sekitar 12.195 jiwa terdiri dari laki-laki sebanyak 6.302 jiwa dan wanita 5.893 jiwa.

Sebagian besar dari pemilih pemula itu dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Kami berharap pemilih pemula itu dapat memberikan kesempatan lima tahun ke depan dan tidak golput,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Sebagai warga negara yang baik tentu memiliki kewajiban untuk menentukan pemimpin yang memiliki legalitas dari masyarakat.

Namun, pihaknya meminta masyarakat lebih cerdas dalam menggunakan hak pilih pada pemilu dan tidak menerima politik uang. (Ant)